Tuesday, March 10, 2015

Cara Defragment Harddisk Agar Tidak Terkena Bad Sector dan Umur Harddisk Lebih Lama.

Hai sahabat CC. Senang sekali saya Asas bisa berbagi tips dengan teman2 semua. Kali ini saya akan membagikan rahasia agar laptop teman2 semua bisa lebih tahan lama, HDDnya bisa lebih awet dan memperkecil kemungkinan kerusakan. Trik ini disebut DEFRAGMENT. Sebelumnya saya akan menjelaskan dulu apa itu defragment dan kenapa kita harus melakukan defragment secara berkala.
Defragment itu sendiri asal katanya adalah kata bahasa Inggris, fragment, yang artinya penggalan, potongan, pecahan, atau kepingan. Kalau fragment artinya pecahan, berarti defragment artinya menyatukan kembali. HDD yang ada pada laptop akan mengalami fragment pada saat OS tidak shutdown dengan sempurna, misalnya pada saat baterai tiba2 terlepas, atau pada saat kita menggunakan sumber energi listrik dan listrik tiba2 padam. Apa yang terjadi ketika HDD fragment? Artinya HDD pecah dong? Ya pecah, tapi tidak secara fisik. Sistem yang ada pada piringan HDD yang pecah sehingga file yang ada pada area tersebut tidak tersusun secara rapi sebagaimana mestinya. Hasilnya, bit2 data yang akan diproses di dalam processor dan RAM akan kesulitan melewati area HDD yang fragment tersebut. Jika dibiarkan, lama kelamaan fragment ini akan meluas dan akhirnya tidak bisa sama sekali dilewati oleh bit2 data (dalam kondisi ini disebut bas sector). Makanya diperlukan adanya penyusunan kembali agar performa HDD tetap seperti baru.
Okee. Caranya? Ini dia.

  1. Masuk ke File Explorer
  2. Klik kanan Local Disk (C), kemudian klik Properties, lalu klik Tools
  3. Untuk pengguna Windows 7 klik Defragment now, untuk pengguna Windows 8 klik Optimize. (Keduanya mengeluarkan perintah yang sama, Cuma namanya yg berbeda)
  4. Klik (C), lalu klik Derfagment dik (Win7) atau Optimize (Win8).
  5. Tunggu sampai proses selesai, lalu Close.

Kita defrag partisi C karena partisi ini adalah partisi sistem OS. Disini semua file windows terinstall jadi di sini biasanya terjadi fragment. Untuk partisi2 lain (D, E, F, ...) tidak terlalu penting karena fragment jarang terjadi pada partisi2 tersebut.
Sekian dari Cloud Computer. Salam teknologi. Piece!!

_Asas

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Laundry Detergent Coupons